Bisnis Daring dan Pemasaran

Bisnis Daring dan Pemasaran

Perkembangan lingkungan strategis, kebutuhan objektif masyarakat ada beberapa periode waktu terakhir, serta berbagai kondisi lapangan atu dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi internal sekolah yang bersangkutan yang kemudian dikenal dengan sebutan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ).  Penyesuaian atau pengembagan ini diharapkan akan dapat memperbesar tingkat keterlaksanaan dan kebermaknaan kurikulum di sekolah.

Adapun visi dan Misi jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

 Visi

Dengan iman dan taqwa mewujudkan SMK AL-BASITH menjadi siswa yang unggul, dapat bersaing di era globalisasi, diterima di dunia usaha dan industri di Kota Tasikmalaya tahun 2020 di Pemasaran.

 Misi

  1. Menanamkan kualitas keimanan  dan  ketaqwaan.
  2. Menerapkan kurikulum nasional berbasis teknologi dan informasi.
  3. Meningkatkan kualitas peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan secara berkesinambungan.
  4. Meilitasi peserta didik meningkatkan prestasi akademik dan  non akademik.
  5. Memfasilitasi pesert didik dengan sarana dan prasaran teknologi.
  6. Membentuk siswa yang profesional dan dapat diterima di dunia usaha dan industri secra berkelanjutan.
  7. Menyajikan sistem administrasi keuangan ng akuntabel dan transparan.
  8. Meningkatkan nilai ujian nasional
  9. Menjalin kerjasama yang harmonis dengan lingkungan.

 Tujuan

Adapun tujuan kompetensi keahlian pemasaran adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:

  1. Memahami prinsip-prinsip bisnis
  2. Menata produk
  3. Melaksanakan negosiasi
  4. Melaksanakan konfirmasi keputusan pelanggan
  5. Melaksanakan proses administrasi transaksi
  6. Melaksanakan penyerahan/pengiriman produk
  7. Melaksanakan penagihan pembayaran
  8. Mengoperasikan peralatan transaksi di lokasi penjualan
  9. Menemukan peluang baru dari pelanggan

10. Melaksanakan pelayanan prima ( service excellent )

11. Membuka usaha eceran/ritel ( expantion store openning )

12. Melakukan pemasaran barang dan jasa

Ruang lingkup pekerjaaan /jenjang karir

Ruang lingkup bagi lulusan kompetensi keahlian pemasaran adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang dalam tabel SKKNI bidang Pemasaran antara lain :

No

Dunia usaha/industri

Lingkup Pekerjaan

1

Toko/Dealer

  • Pramuniaga
  • Kasir
  • Pergudangan
  • Salesman

2

Pabrikasi

  • Sortir barang
  • Pergudangan
  • Keuangan
  • Petugas distribusi barang
  • Medical representative

3

Koperasi

  • Manajer
  • Pemasaran
  • Pembukuan
  • Pertokoan

4

Perbankan

  • Teller
  • Customer service
  • Debt collector

5

Asuransi

  • Sebagai karyawan lapangan/ back officer

6

BUMN

  • Account officer

· Finance administration officer

7

Lain-lain

 

 

Peta materi unit kompetensi keahlian pemasaran

Tempat Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)

  1. 1. Matahari Departement Store
  2. 2. Agung Departement Store
  3. 3. Koperasi Pelita Raga (PLN)
  4. 4. Rachmat Minimarket
  5. 5. Labana Toserba
  6. 6. Yogya Departement Store

7.    Asia Plaza

 

 



Top